Kegunaan utama dari sebuah turbocharger sama denga sebuah supercharger; yaitu untuk meningkatkan efisiensi volume mesin dengan segala keterbatasannya. Sebuah mesin kendaraan standar (tanpa turbo dan supercharger; biasa disebut dengan naturally aspirated), biasanya berdasarkan pada hisapan pada tiappistonnya untuk masuk ke tiap silinder melalui katup hisap. Tekanan di atmosfer bumi ini tidak lebih dari 1 atm (atau setara dengan 14,7 psi atau 1 bar), jadi akan ada batasan perbedaan antara katup-katup hisap dan juga jumlah udara yang masuk ke ruang pembakaran. Karena turbocharger meningkatkan tekanan udara yang masuk ke dalam silinder, semakin besar udara yang dimampatkan akan berakibat naiknya performa karena ledakan yang dihasilkan karena campuran oksigen dan bbm semakin kaya.
Untuk mecegah adanya detonasi dan kerusakan fisik pada mesin tersebut, tekanan pada saluran masuk (intake manifold) tidak boleh menjadi terlalu tinggi, oleh sebab itu tekanan tersebut perlu dikontrol. Alat pengontrol kelebihan tekanan pada intake manifold disebut dengan wastegate.
Gambar tersebut diatas menunjukkan penempatan wastegate external disamping unit turbo itu sendiri
Alat ini berguna untuk mengontrol kelebihan tekanan yang ditimbulkan oleh turbocharger dengan sebuah alat pengatur tekanan (boost control device). Sebuah aktuator terhubung pada kompresor melalui sebuah selang yang biasanya dihubungkan oleh solenoid pada sistem ECU (Engine Control Unit), yang mengatur untuk memaksa wastegate selalu terbuka ketika tekanan udara naik. Pengurangan kecepatan pada turbin menurunkan kecepatan kompresor dan berkurangnya tekanan pada intake manifold.
Komponen-komponen turbocharger
Sebuah turbocharger memiliki beberapa komponen utama yaitu: turbin (yang dimana selalu berpola radial) dan kompresor yang terdapat didalam housing yang berbentuk seperti kerucut yang berada pada tempat yang berlawanan dengan komponen ke tiga yaitu center housing.
Kompresor dan turbin tersebut ditutup oleh housing yang dapat memusatkan dan mengarahkan udara melalui kompressor pada saat berputar. Bentuk dan ukuran dapat mempengaruhi karakteristik turbochargertersebut. Terkadang, beberapa produsen turbocharger memiliki desain yang mereka sesuaikan sendiri untuk pengaplikasian pada kendaraan dengan performa, respon dan efisiensi yang sudah ditentukan.
Kedua gambar tersebut merupakan gambar turbo yang sedang dibuka pada bagian kompressor nya.
Gambar dibawah adalah skema lengkap pemasangan sebuah sistem turbo lengkap dengan wastegate, intercooler dan blow off valve.
No comments:
Post a Comment